JatimSurabaya

Reses Ketua DPRD Kota Surabaya di Semampir Tengah Bahas Tiga Hal Penting Berikut Ini

Reses Tahun Sidang Kelima Masa Persidangan Kesatu Tahun Anggaran 2023, D. Adi Sutarwijono, S.I.P. Fraksi PDI Perjuangan Ketua DPRD Kota Surabaya di Semampir Tengah V-A Surabaya (15/10/2023)/ Foto: ist

SURABAYA, radarpenanews.com – Target pembangunan di Kota Pahlawan merambah pada peningkatan indeks pembangunan manusia mengukur capaian di bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

” Dalam hal ini hasil dari segala aspirasi masyarakat akan dibawa ke sidang paripurna DPRD Kota Surabaya. APBD akan dibahas pada nanti di tanggal 10 November 2023, bertepatan dengan Hari Pahlawan,” sebut D. Adi Sutarwijono, S.I.P. pada agenda Penjaringan Aspirasi Masyarakat DPRD Kota Surabaya Masa Reses Tahun Sidang Kelima Masa Persidangan Kesatu Tahun Anggaran 2023, Fraksi PDI Perjuangan Ketua DPRD Kota Surabaya di Semampir Tengah V-A Surabaya, Minggu (15/10/2023), malam.

Lebih lanjut dijelaskan, issue pembahasan APBD mendorong seluruh sektor kehidupan vital masyarakat, infrastruktur, permukiman juga pendekatan pelayanan publik ke masyarakat.” Walikota Surabaya kader PDI Perjuangan di dukung DPRD Surabaya, di tahun ini mendekatkan pelayanan adminduk (administrasi kependudukan) dari Kelurahan ke Balai RW di masing-masing wilayah,” tegas Adi.

Progres report DPRD, membuat balai RW berubah fungsi menjadi layak, pantas menerima kunjungan masyarakat menjadi pusat kegiatan warga. Disamping itu, Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan, sejak tahun 2021, Surabaya telah mengantongi kategori UHC (Universal Health Coverage) atau Jaminan Kesehatan Semesta.

” Dari jumlah total seluruh jiwa warga Surabaya, 96 sekian persen telah tercover jaminan kesehatan. Syaratnya bagi warga yang belum memiliki KIS (Kartu Indonesia Sehat) bersedia diklasifikasikan pada kelas 3 bantuan APBD Kota Surabaya yang iuran nya dibayar Pemerintah Kota Surabaya,” kata Adi Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya ini.

Disisi lain ucap Adi, wujud keseriusan DPRD Kota Surabaya mendukung Wali Kota Surabaya, peletakan batu pertama pembangunan RSUD Surabaya Timur. Rumah sakit type C di wilayah Medokan Asri Tengah, Kelurahan Kalirungkut, Kecamatan Rungkut, Surabaya telah dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2023.

Selain itu, Adi juga menyinggung tentang pendidikan, pemberdayaan UMKM dan Isue ekonomi pasca pandemi Covid19. Dorongan dan dukungan DPRD kepada Pemkot Surabaya, program padat karya juga dibedah sebagai bentuk modifikasi kebijakan untuk masyarakat.

” Sinergi seluruh elemen masyarakat dan stakeholder, bisa lepas dari pandemi pada saat ini, dengan target perekonomian semakin hidup dan tertata,” ujarnya.

Setelah dialog terbuka dibuka dalam Reses Ketua DPRD Kota Surabaya kali ini, beberapa warga RT 03 RW 07 Kelurahan Medokan Semampir, perwakilan Ketua RT 01 – 11 RW 07 dan Ketua RW 07 Kelurahan Medokan Semampir Kecamatan Sukolilo menyampaikan aspirasinya.

Seperti diungkapkan Agus Supriyanto Ketua RT 03 RW 07, rincian beragam permintaan dibeberkan tentang permintaan pembangunan infrastruktur soal U-ditch satu sisi, pembangunan Balai RT, pavingisasi, sarana prasarana kampung dan renovasi jembatan di wilayah gang 7-A dekat Masjid sebagai akses penyambung antar wilayah RT di RW 07 serta akses sebagai jalan penghubung warga dan pelajar.

Senada dengan Agus, beberapa Ketua RT di wilayah RW 07 Kelurahan Medokan Semampir dan Wakil Ketua RW turut menambahkan beberapa permohonan diantaranya plengsengan sungai, permintaan penambahan honor RT/RW dan para kader di wilayah RW 07 Kelurahan Medokan Semampir. (Red/ Rilis)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button